oleh

Komitmen Bersama Menjaga Alam dan Lingkungan Tetap Lestari di Masa New Normal

RajaBackLink.com




Cimahi,- Unsur Pemerintah, Akademisi, Komunitas, Swasta dan Media berkomitmen dalam upaya menjaga kelestarian alam menghadapi adaptasi kebiasaan baru di tengah masa pandemi Corona.

Komitmen jaga lingkungan tersaji dalam diskusi panel dengan Tajuk, ‘New Normal: Jaga Alam dan Lingkungan Tetap Asri’ yang digelar di Posko dan Pembibitan Sektor 21 Satgas Citarum, Cimenteng, Cipageran, Kota Cimahi, Senin (29/6/2020).

Diskusi kali ini menghadirkan narasumber dari berbagai elemen, termasuk diantaranya Wadan Satgas Citarum I Ekosistem lingkungan, Pangdam III/Siliwangi diwakili Kasdam Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Selain itu, unsur pentahelix lainnya, Kadis LH Kota Cimahi M. Ronny (pemerintah daerah), Rektor Unpas dan Warek 1 Unjani (Akademisi), Dr. Ekki Baihaki Duasatu Kehati Foundation (komunitas). Serta dihadiri para Dansektor Satgas Citarum Harum, juga para pengusaha (swasta) dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wadan Satgas Citarum Bidang Ekosistem melalui Kasdam III/ Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dengan singkat mengatakan, “disini tempat kita membangun satu pandangan yang berbeda-beda menjadi sama untuk pemanfaatan,” ujarnya.

Menurutnya, perkembangan program Citarum Harum selama ini secara insfrastruktur sudah lebih baik dari sebelumnya.

“Hanya nilai manfaat ini perlu kita kejar dengan beberapa pendekatan metode diantaranya pendidikan akademisi, swasta, pemerintahan dan semua komponen harus aktif dan segera harus bisa mewujudkan nilai hasil,” harapnya.

Diperlukan sinergitas antar elemen dan masyarakat, “membangun simbosis mutualisme itu perlu gebrakan, perlu ada jaminan, kalau ini akan berlangsung dan bertahan kita juga harus dengan kesepakatan nilai sosial budaya, ” ucapnya.

Membangun semangat masyarakat bersama itu harus ada yang menjamin dan berkelanjutan. “Kalau di Militer itu ada pembinaan geografi, bagaimana aspek geografi itu menjadi nilai keuntungan bukan menjadi nilai kerugian,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Dr. Ekki Baihaki Duasatu Kehati Fondation (DKF) menyebut bahwa keanekaragaman hayati perlu dijaga oleh kita semua agar tidak punah oleh ulah manusia yang tidak menghargai alam.

“Duasatu Kehati Foundation, hadir dalam upaya mencintai alam dan menjaga keragaman hayati yang ada melalui restorasi hutan dan keanekaragaman hayati,” ucap Dr. Eki.

Komentar

Realita Terbaru