oleh

Platform Asli Buatan Anak Bangsa Fokus Kembangkan Ekosistem Wirausaha Indonesia

JAKARTA, realitapublik.com,— Sebagai pemilik bisnis, wirausahawan membutuhkan ekosistem yang tepat untuk mengembangkan bisnisnya, atau bahkan mengembangkan kemampuan diri sendiri. Lantas, adakah platform digital yang peduli menciptakan eksosistem wirausaha di Indonesia?.

Keberadaan ekosistem wirausaha sangatlah penting untuk mengembangkan suatu bisnis. Sesuai definisinya, ekosistem yang berarti sistem ekologi dapat terbentuk dengan baik berkat adanya hubungan timbal balik yang menguntungkan dan tak terpisahkan satu sama lain.

Pada dunia kewirausahaan, ekosistem ini terbentuk dari inisiatif para wirausaha yang memiliki tujuan atau visi mengembangkan bisnis melalui proses yang tidak instan. Mulai dari proses penciptaan ide bisnis, jatuh bangun memulai bisnis, hingga menumbuhkan bisnis itu sendiri. Peranan dukungan tersebut bisa berbentuk investasi, jaringan atau relasi, bantuan materi, hingga bantuan non-materi seperti konsultasi atau mentorship.


Topik inilah yang dibahas dalam webinar “Entrepreneurship Focusing to Build the Entrepreneurship Ecosystem in Indonesia & Building Digital Business from Zero” yang diselenggarakan oleh Diplomat Success Challenge (DSC), salah satu kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia yang diinisiasi oleh Wismilak Foundation sejak tahun 2010, pada Rabu (26/8/2020) lalu.

Webinar yang dilaksanakan atas kerjasama dengan MarkPlus Institute ini dilakukan secara daring, menghadirkan pembicara Kevin Osmond, Co-Founder & CEO Printerous, dan Jourdan Kamal, Founder & CEO Maubelajarapa.com. Webinar kali ini juga menghadirkan testimoni dari Founder Sunkrisps, Ricky Chandra yang merupakan Alumni DSC X 2019. Simak hasil pembahasannya berikut.

Komentar

Realita Terbaru