oleh

Petani Garam Pantura Butuh Perhatian Pemerintah

CIREBON, realitapublik.com,— Sejumlah kelompak petani Garam di wilayah pantai utara Jawa  Barat butuh perhatian dari pemerintah provinsi Jabar. Untuk membantu dalam meningkatkan hasil produksi garam yang berkualitas dan memperbaiki infrastruktur (sarana-parasana) serta teknologi.

Keluhan para petani Garam disampaikan langsung kepada anggota Komisi II DPRD Jabar diantaranya Bambang Mujiarto, Tia Fitriani dan Anwar Yasin saat melakukan kunjungan kerja ke Cirebon dan meninjau langsung ladang garam di Kabupaten Cirebon.

Baca Juga  Mampu Manfaatkan Potensi Wisata, Komisi I DPRD Jabar Apresiasi Desa Alam Endah

Dikatakan Bambang Mujiarto, bahwa rombongan Komisi II DPRD Jabar didampingi Kepala Bidang Kelautan Endang Haris Fitriyana, telah melakukan kunker ke ladang petani Garam di Kab Cirebon, Senin (12/10/2020).

Para kelompak petani Garam Cirebon yang kita temui, kata Bambang, menyampaikan keluhan dan memohon perhatian dari pemerintah provinsi Jabar. Karena mereka merasa pemerintah sangat kurang memperhatikan nasib petani dan produksi garam, khususnya di Kabupaten Cirebon.

Baca Juga  Dukung Kebijakan PTM, DPRD Jabar Minta Pemprov Kebut Persiapan Pelaksanaan

Adapun keluhan yang mereka sampaikan, diantaranya soal infrastruktur sarana dan prasarana serta teknologinya. “Padahal, wilayah pantura jabar khususnya (Kab)Cirebon dan (Kab) Indramayu merupakan sentra produksi Garam bagi Jabar,” kata Bambang saat dihubungi melalui telepon selulernya, terkait hasil kunker ke Cirebon, Rabu (14/10/2020).  

Kualitas produksi Garam Cirebon dan Indramayu cukup bagus, namun dalam produksinya masih menggunakan pola tradisional. Untuk itu, mereka memohon pembinaan dan pelatihan SDM dari pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan, agar produksi garamnya lebih meningkat dan kualitas lebih baik lagi.

Baca Juga  Gelar Reses di Lebak Gede Kota Bandung, Sugianto Beri Perhatian Pelaku Usaha

Sedangkan terkait infrastruktur, sarana-prasarana, mereka meminta agar jalan/ jalur menuju ladang garam dapat dibenahi, hal ini penting, karena mereka kesulitan saat mengangkut produksi garam.

Komentar

Realita Terbaru