oleh

Kementerian PUPR Optimis Pembangunan TPS 3R di Sumedang Selesai Bulan Desember

BANDUNG, realitapublik.com,— Kementerian PUPR optimis pembangunan sarana TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle) di Kabupaten Sumedang selesai pengerjaannya pada bulan desember 2020.

Hal itu dikatakan oleh Dwi Retnastuti, S.T., selaku Tenaga Ahli Pemberdayaan PUPR, Kamis (5/11/2020). “Saya optimis pembangunan akan selesai pada Desember 2020 ini,” ujarnya.

Pembangunan TPS 3R merupakan salahsatu program sanimas sebagai pendukung program Citarum Harum tahun 2020. Selain TPS 3R, PUPR melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) juga melaksanakan pembangunan SPALDT (Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpadu).

Menurut wanita yang akrab disapa dengan panggilan Rena mengatakan, kunci sukses keberhasilan pembangunan tersebut, adalah dari hasil kerjasama yang baik dari seluruh unsur yang terlibat serta dukungan jajaran Satgas Citarum di lapangan.

“Hadirnya jajaran Satgas Citarum dari TNI ini cukup bagus dan sangat membantu,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, sarana fasilitas TPS3R yang dibangun secara swadaya masyarakat di 14 desa yang berada di 5 kecamatan, rata-rata capaiannya sudah diatas 75 persen.

“Kita dari awal sudah berkomitmen agar program ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa segera terasa manfaatnya oleh masyarakat, baik manfaat ekonomi maupun untuk meningkatkan kebersihan lingkungan serta kesehatan masyarakat,” kata Serka Eri Krisyana, Dansubsektor 15 Sektor 21 Satgas Citarum.

Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang ini juga kerap ikut terjun ke lapangan dalam proses pembangunan TPS3R maupun Sanimas atau septictank komunal.

“Ya, inshaallah kita akan membantu jika ada yang meminta, apalagi ini untuk kepentingan masyarakat,” janji Serka Eri.

Komentar