oleh

Dansektor 21 : Jaga Alam, Alam pun jaga Kita

Manusia dan alam seharusnya berjalan harmonis dan saling menjaga. Kita jaga alam dan pasti alam akan menjaga kita. Jangan sampai alam membinasakan kita karena ulah kita sendiri yang tidak bisa menjaga alam,” kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat selaku Dansektor 21 satgas Citarum Harum kepada awak media, disela sela syuting taping acara televisi bertajuk “Bela Negara Merawat Alam dimasa Pandemi ” untuk program siaran Harmoni Bagi Negeri dari Harmoni TV telah dilaksanakan pada hari Sabtu (23/01/2021) dari pukul 10.00 hingga 11.30 wib. di Taman Kehati yang juga menjadi posko Sektor 21 satgas Citarum Harum di kampung Cimenteng desa Cipageran kecamatan Cimahi Utara kota Cimahi.

Baca Juga  Selain Pengawasan, Satgas Sektor 21-15 Juga Ikut Bantu Proses Pembangunan

Dalam acara tersebut hadir sebagai narasumber Kolonel Inf. Yusep sudrajat selaku Dansektor 21 mewakili institusi militer, Letkol (Purn) Ngatiyana selaku PLT Walikota Cimahi, dan Dr. Eki Baihaki, M.Si selaku Ketua Dua Satu Kehati Fondation dipandu oleh Dr. Riva Rahayu, M.Ud sebagai pembawa acara.

Kolonel Inf. Yusep Sudrajat dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa dalam peraturan yang ada di institusi militer bahwa perang bisa dilakukan saat kondisi tidak terjadi perang. “Perang yang dimaksud adalah bukan musuh dari luar negeri tapi musuh berupa pandemi, penyebab bencana atau masalah sosial lainnya,” katanya. “Dan saat ini TNI AD Kodam III Siliwangi diamanatkan untuk melakukan perbaikan ekosistem di sungai Citarum akibat perilaku manusia yang berakibat rusaknya kondisi sungai khususnya dan alam pada umumnya,” Ujarnya.

Baca Juga  Giat Karya Bakti Sungai Satgas Sektor 21-02 di Desa Bojongloa Rancaekek

Ini didukung oleh Letkol (Purn) Ngatiyana selaku (Plt) Walikota Cimahi mengungkapkan bahwa kondisi lingkungan harus benar-benar diperhatikan dan perlu koordinasi dengan berbagai pihak. “Selaku pucuk pimpinan di kota Cimahi ini saya harus berusaha membangun kondusifitas wilayah saya apalagi dalam kondisi pandemi dan musim hujan yang mengakibatkan timbulnya berbagai masalah seperti banjir dan longsor serta koordinasi dengan berbagai pihak termasuk dengan satgas Citarum Harum Sektor 21 ini,” ungkapnya.

Baca Juga  Karya Bakti Sungai Satgas Sektor 21-10 di Desa Nanjung

Sementara itu Dr. Eki Baihaki, M.Si yang menjadi narasumber mewakili institusi akademisi dan merupakan ketua yayasan 21 Kehati memaparkan bahwa perlu penanganan yang serius dan berdasarkan pengetahuan yang mumpuni untuk menjaga kelestarian alam dan masyarakat akademisi akan berkontribusi dari sisi tersebut. “Pengelolaan kelestarian alam perlu pengetahuan dan pemahaman selain sikap dan perilaku kita sendiri.” pungkasnya.

Komentar

Realita Terbaru