oleh

Satgas Sektor 11 Tingkatkan Renaksi di Tahun Ke Empat Program Citarum Harum

CIANJUR, realitapublik.com,— Memasuki tahun ke Empat program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum sesuai instruksi Perpres No 15 Tahun 2018. Satgas Citarum dari jajaran TNI di bawah Kodam III/Siliwangi terus menjaga dan meningkatkan upaya dalam mengembalikan kelestarian ekosistem DAS Citarum.

Melalui berbagai rencana aksi (Renaksi) di setiap wilayah yang terbagi dalam 23 Sektor mulai dari Hulu DAS Citarum Situ Cisanti hingga Muara Gembong Bekasi. Dalam setiap wilayah Sektor memiliki beragam permaslahan dan tingkat pencemaran yang berbeda-beda.

Baca Juga  Satgas Citarum Sektor 21-01 Cileunyi Gelar Karya Bakti Sungai di Desa Cibiru hilir

Dalam rangka melanjutkan upaya dan meningkatkan kinerja selama ini, Komandan Sektor 11Satgas Citarum Kol Arh Roby Neilwan Simandjuntak S.IP selalu mengingatkan dan menginstruksikan jajaran prajurit Sektor 11 untuk tetap menjaga semangat dan solid bersama warga dalam mengembalikan kelestarian DAS Citarum, khususnya di wilayah Sektor 11 mencakup perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Cianjur.

Tak hanya prajurit, dirinya juga memberikan arahan dan terus memompa semangat masyarakat yang selama ini terlibat langsung dalam kegiatan Satgas Sektor 11.

Baca Juga  Satgas Citarum Sektor 21-7 Awasi Pembangunan TPS 3R di Tiga Desa

Hal itu diungkapkan Dansektor 11 Kol Arh Roby Neilwan Simandjuntak saat meninjau kegiatan pembersihan sungai Cipeuyeum di desa Kajar Kajar, Haurwangi. Kegiatan diikuti oleh seluruh prajurit TNI Sektor 11 dan warga pelopor kebersihan Sektor 11.

“Untuk kegiatan ini, Kami menjebol hilir sungai cipeuyeum yang tersumbat sampah dan sedimentasi tanah,” ujar Dansektor 11, Rabu (27/01/2021).

Hilir sungai Cipeuyeum berada di muara Kajar Kajar yang merupakan pertemuan dengan sungai Citarum. Kegiatan yang dilakukan, antara lain mengangkat sampah domestik, eceng gondok, sampah yang telah bertahun-tahun tertimbun tanah.

Baca Juga  Hari Lingkungan Hidup, Satgas Sektor 21 Gelontorkan 2.700 Liter Cairan Multi Manfaat ke Sungai Cisangkuy

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan tahun lalu membersihkan muara Kajar Kajar dengan membangun menara sampah setinggi lebih dari 7 meter, menjadi bukti bhw muara Kajar Kajar adalah muara tempat bertumpuk nya sampah, tanah dan sedimentasi lainnya,” jelas Dansektor 11 Kol Arh Roby Neilwan Simandjuntak. (Cuy)

Komentar

Realita Terbaru