oleh

Sidang Praperadilan Ketiga, Tim Kuasa Hukum HRS Serahkan 40 Bukti Terkait Penetapan Tersangka

RajaBackLink.com

JAKARTA,realitapublik.com,–– Sidang praperadilan ketiga, Pengacara Habib Rizieq Shihab menyerahkan puluhan bukti kepada majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (6/1/2021) siang. Selain itu tim pengacara Habib Rizieq juga menilai bukti-bukti kepolisian tidak jelas.

“Kita ada 40 bukti yang diserahkan, ada daftar buktinya juga, cuma dari Termohon itu seluruh berita acara tadi kenapa di-pending. Uang dibuktikan halaman depan dengan halaman terakhir, yang di tengahnya tidak diikutsertakan,” ujar pengacara Habib Rizieq, Alamsyah Hanafiah, kepada wartawan usai persidangan.

Pihaknya juga menjelaskan, sidang terpaksa ditunda karena ada yang harus dilengkapi dari bukti-bukti yang diserahkan oleh polisi. Khususnya tentang BAP para saksi, lalu tentang dokumen dari Puskesmas, dan pendapat ahli yang dianggap tidak jelas. Sebab dokumen tanpa dibubuhi tanda tangan, khususnya dari si pemberi keterangan.

“Izin juga ada semua kami. 40 bukti itu meliputi surat pemberitahuan penetapan tersangka dari polisi ke Kejati, bukti dua surat perintah penyidikan dengan tanggal berbeda, surat pemberitahuan hukuman administrasi pada FPI dan Habib Rizieq tentang masalah berkerumun menghadiri acara Maulid Nabi yang memberikan denda Rp30 juta dan Rp20 juta sehingga total Rp 50 juta,” jelasnya.

Menurutnya, adanya denda itu sejatinya sudah membuktikan kalau Habib Rizieq secara administrasi telah dihukum. Dengan begitu, seseorang yang telah dihukum seharusnya tidak boleh lagi dihukum untuk kedua kalinya dalam kasus serupa.

Komentar

Realita Terbaru