oleh

DPRD Jabar Menetapkan 4 Peraturan Daerah, Perda Pesantren Salah Satunya

BANDUNG, realitapublik.com,— Masih di awal tahun 2021, DPRD Provinsi Jawa Barat menetapkan 4 (Empat) Raperda menjadi Perda (Peraturan Daerah). Penetapan Perda dikukuhkan melalui Rapat Paripurna yang digelar di ruang Paripurna DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (01/02/2021).

Adapun 4 (Empat) Raperda yang ditetapkan menjadi Perda diantaranya, Raperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, Raperda tentang Penyelenggaraan Komunikasi dan Informasi, Statistika dan Persandian, Raperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Asal Daerah Jawa Barat dan Raperda tentang Penyelenggaraan Pesantren.

Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat, berharap ke-empat Perda yang telah ditetapkan dapat segera mendapatkan legalitas dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Menurutnya, proses pengajuan ke Kemendagri dapat dilaksanakan lebih cepat itu lebih baik.

Baca Juga  Pastikan Kesiapan Pelaksanaan PPDB Tahun 2021, Komisi V DPRD Jabar Kunjungi SMAN 2 Kota Cimahi

Dengan telah ditetapkannya empat Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat, kata Taufik, diharapkan Gubernur Jabar dapat menindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku.

“Minggu depan juga sudah mulai jalan, lebih cepat lebih bagus,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan rasa syukur terkait 4 (Empat Perda) yang telah ditetapkan. Khususnya Perda Penyelenggaraan Pesantren.

Baca Juga  Akibat Terlambatnya Pasokan, Harga Bahan Pokok di Pasar Cisalak Mengalami Kenaikan

Menurutnya, dengan dibentuknya Perda Pesantren dapat mendukung pendidikan di pesantren yang selama ini kurang mendapat perhatian dari negara.

merasa optimis Perda tersebut mendapatkan legalitas dari Kemendagri, sehingga nantinya dapat digunakan di provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, proses pengajuan akan dilaksanakan secepatnya, bahkan, katanya, lebih cepat akan lebih bagus. “Minggu depan juga sudah mulai jalan, lebih cepat lebih bagus,” ucapnya.

menyampaikan, dengan telah ditetapkannya empat Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat, diharapkan Gubernur Jabar dapat menindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku.

Baca Juga  DPRD Jabar Apresiasi Disperkim Terkait Hibah Insinerator ke TPST 3R Melong Cimahi

Terutama Raperda Penyelenggaraan Pesantren dibentuk untuk mendukung pendidikan di pesantren yang selama ini kurang mendapat perhatian dari negara.

“Peraturan daerah untuk pesantren, sehingga tidak boleh ada lagi anak-anak di jabar (Jawa Barat) yang memilih sekolah di Pesantren tidak mendapatkan dukungan dari negara,” tuturnya.

Dengan ditetapkannya 4 (Empat) Perda tersebut, lanjut Emil, diyakini bisa mewujudkan visi dan misi Pemerintah Jawa Barat menjadi juara lahir batin.

“Sehingga dapat mewujudkan visi dan misi jabar juara lahir dan batin,” harapnya. (Cuy/adv)

Komentar

Realita Terbaru