oleh

Dukung Kelancaran Lalin, Memo Minta Dishub Jabar Menambah PJU Dan Rambu Jalan di Pedesaan

BANDUNG, Realitapublik.com, — DPRD Jawa Barat melalui Komisi IV minta agar Dinas Perhubungan Jabar untuk menambah pengadaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), terutama di daerah pedesaan.  Hal ini penting untuk mengurangi angka kecelakaan di malam hari di pedesaan.

Menurut Anggota Komisi IV DPRD Jabar H.Memo Hermawan, Dinas Perhubungan Jawa Barat setiap tahun, dalam penyusunan APBD Jabar selalu mendapatkan alokasi terbesar ke tiga setelah Dinas Pekerjaan Umum dan Petanaan Ruang (PUPR), dan Dinas Perumahan dan Pemukiman.

Untuk itu, Komisi IV DPRD Jabar, minta agar Dinas Perhubungan untuk mengalokasikan anggaran untuk menambah dan memasang PJU di pedesaan terutama di jalan-jalan Provinsi. Selama ini PJU itu banyak dipasang diperkotaan saja. Sehingga, tidak mengherankan kalau sering terjadi kecelakaan di pedesaan karena minimnya penerangan jalan.

“PJU ini sangat membantu bagi masyarakat didesa dan cukup efektif untuk mengurangi kecelakaan dimalam hari,”kata H.Memo Hermawan saat dimintai tanggapannya terkait cukup sering terjadi kecelakaan lalu-lintas di pedesaan yang disebabkan minimnya penerangan jalan desa.

Dikatakan, keberadaan PJU di desa, selain menekan angka kecelakaan lalu lintas, juga dapat membantu mengurangi tindakan kjehatan bagi pengendara di malam hari.

Politisi senior PDIP ini juga menambahkan, selain PJU kita juga minta agar pihak Dinas Perhubungan Jabar untuk memperbaiki marka jalan dengan mengecat ulang marka jalan yang sudah pudar.  Bahkan juga, harus ditambah –rambu-rambu jalan.  

Penambahan dan perbaikan lampu PJU yang sudah mati, memperbaiki marka jalan dan menambah rambu-rambu lalu lintas, sangat mendukung kelancaran berlalu lintas dan dapat menekan angka kecelakaan, termasuk juga menekan tindak kejahatan, ujar Memo yang juga ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini.

Lebih lanjut Memo mengatakan, Komisi IV juga meminta agar, Dinas Perhubungan dalam menyusun program tidak hanya progrom rutin semata, tetapi cobalah berinovasi membuat program trobosan yang lebih baik lagi, untuk kelancaran penggunaan jalan atau lalu lintas di Jabar,” tandasnya. (adikarya/husein).

Komentar