oleh

Herry Dermawan Dukung Optimalisasi Gedung Negara Cirebon Jadi Gedung Creative Center

BANDUNG, Realitapublik.com,— Gedung Negara Cirebon yang kini sudah ditetapkan sebagai banguanan  heritage yang dilindungi  undang-undang, tentunya dalam setiap pengelolaan, penataan dan alih fungsi, apalagi merubah bentuk, harus seijin lembaga yang ditunjuk oleh Undang-undang.

Gedung Negera eks BKPP Cirebon yang terletak di Jalan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, walaupun sudah jadi heritage, namun bukan berarti tidak dapat diberdayakan. Untuk itu, Komisi II mendukung agar gedung negera dilakukan optimalisasi dengan dijadikannya Gedung Creatif Center.

Dukungan Komisi II DPRD Jabar untuk mengoptimalisasi Gedung Creative Center di lingkungan Gedung Negara, Kabupaten Cirebon, sudah dibahas dengan Organiasi perangkat daerah (OPD) mitra Komisi II, kata anggota Komisi II DPRD Jabar Ir.H.Herry Dermawan kepada media saat dihungi melalui telep selulernya Rabu, (24/02-2021).

Namun, walaupun Komisi II mendukung dan menyetujui penggunaan gedung Negara Cirebon dijadikan Gedung Creative Center, tetapi kita minta kepada Pemprov Jabar melalui BPKAD Jabar, agar dalam melakukan renovasi dan penataan bentuk dan perubahan juga alih fungsi harus seizin lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang.

Maka dalam pemanfaatan dan mengoptimilasi Gedung Negara menjadi Gedung Creatif Center kita dukung, asalkan tetap memperhatikan keberadaan sebagai heritage, kata politisi PAN Jabar ini.

Sebagai Gedung Creatif Center, tentunya akan ada beberapa karya seni budaya dan produk lokal, baik bersifat tradisonal maupun produk inovasi keratif karya anak muda yang memiliki daya saing. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan tumbuh subur berbagai karya, baik dari masyarakat Cirebon maupun luar sekita wilayah Cirebon.

 “Gedung Creative Center ini sebagai etalase masing-masing wilayah untuk menjual produk-produknya, tentunya hal ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Herry.

Ia menambahkkan, agar produk lokal Cirebon semakin menggeliat, baik itu produk makanan, minuman maupun peralatan rumah tangga dari bahan Rotan , Batik khas  semakin lebih dikenal, bukan hanya di Nusantara tetapi mendunia.

Jadi Gedung Creatif Center yang berada di lingkungan Gedung Negara tersebut sebagai etalase Jabar dapat ditampilkan. Selain itu, kita harapkan keberadaan Gedung Ceratif Center terbut, dapat menjadi destinasi wisata sejarah. Sehingga tingkat kunjungan wisatawan ke wilyah Cirebon semakin meningkat dengan adanya Gedung Creatif Center.

Untuk membuat daya tarik wisatawan, maka kita minta pihak Dinas UMKM dan Dinas Perindag Jabar bekerjasama dengan pemerintah Cirebon, untuk mengisi dan memperomosikan produk-produk lokal Cirebon di Gedung Creatif Center tersebut, tandasnya. ( adikarya/husein).

Komentar

Realita Terbaru