oleh

Hj.Iis Turniasih : Mempertahankan Lahan Pertanian Produktif Untuk Ketahanan Pangan

RajaBackLink.com

BANDUNG, Realitapublik.com,— Selama pendemi Covid-19, dalam upaya mempertahankan ketahanan pangan tentunya tidak terlapas dari ketersediaan lahan pertanian.  Untuk itu, lahan pertanian produktif jangan sampai berkurang.

Kalau lahan pertanian produktif semakin berkurang, tentunya produksi pertanian  dalam memenuhi ketahanan pangan semakin sulit dapat terpenuhi. Padahal selama pandemi covid-19,  sektor pangan pertanian yang diandalkan untuk mengatasi persoalan ekonomi masyarakat.

Untuk itu, anggota Komisi IV DPRD Jabar Hj.Iis Turniasih, minta pemerintah provinsi Jawa Barat melakukan kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat dan instansi terkait.

Selain menjalin kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat, Pemerintah Provinsi Jabar juga harus dapat mempertahankan lahan produktif pertanian. Jangan ijinkan perusahaan non pertanian berdiri di lahan pertanian produktif.  Hal ini sesuai dengan Perda No 27 tahun 2010 terntang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Guna meningkatkan produktifitas pertanian, perlu adanya perluasan infrastruktur pertanian. Perluasan infrastruktur pertanian bertujuan untuk mempermudah akses terhadap pelaku usaha menengah serta meningkatkan daya saing dan kepercayaan diri para petani, kata wakil rakyat dari dapil Kab.Purwakarta- Kab Karawang ini.

Berdasarkan  Perda Nomor 27 Tahun 2010 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Maka, jangan berikan izin perusahaan non pertanian untuk membangun perusahaan di wilayah pertanian produktif, dan pemerintah daerah wajib memfasilitasi pemasaran produk hasil tani, ujarnya.

Lebih lanjut Hj.Iis Turniasih mengatakan, rencana pemprov Jabar untuk menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu unggulan Jabar di masa depan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Terkait rencana tersebut, tentunya cukup positif, dan akan kita dukung. Untuk itu, kita minta pemprov Jabar  memaksimalkan sektor pertanian dan ketahanan pangan. Sehingga target Jabar sebagai provinsi swasembada pangan dengan mengurangi impor secara bertahap dapat terwujud.

Bagaimana dengan ketersediaan lahan ?.. Lahan pertanian milik provinsi Jabar masih cukup luas, untuk itu, dalam meningkatkan produksi pertanian selain memanfaatkan teknologi juga sudah seharusnya, membuka lahan baru  milik pemprov Jabar agar bisa digarap oleh petani, tandasnya. (adiakrya/yadi).

Komentar

Realita Terbaru