oleh

DPRD Jabar Apresiasi Disperkim Terkait Hibah Insinerator ke TPST 3R Melong Cimahi



CIMAHI, realitapublik.com,— Komisi IV DPRD Jawa Barat apresiasi Pemprov Jabar terkait pemberian hibah berupa insinerator kepada TPST 3R Kelurahan Melong Kota Cimahi. Karena hal ini merupakan terobosan dalam mengurai permasalahan sampah khususnya di Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan Tetep Abdul Latif selaku Ketua Komisi IV DPRD Jabar saat meninjau operasional Insinerator model SP-INC2000 di TPST 3R di Kelurahan Melong, Kota Cimahi, Jumat (12/03/2021).

Baca Juga  Komisi V DPRD Jabar : Standarisasi Produk Bambu Mendorong Pelestarian Nilai Seni dan Budaya

Proyek Incinerator model SP-INC2000 seharga 2 miliar ini sudah ramah lingkungan berdasarkan KLHK RI. Alat ini diklaim sudah mampu mengatasi masalah sampah di tingkat hulu dan juga hanya membutuhkan tempat yang relatif kecil cukup dengan 500m² dengan kemampuan kapasitas pengolahan sampah 2 Ton per hari dan lama kerja sekitar 8 jam.

Baca Juga  DPRD Jabar Gelar Raker Bangar Bahas KUA-PPAS

“Ini sebuah terobosan baru yang perlu dikembangkan, kemudian juga bagus kalau dibuat alatnya yang misalnya kapasitas bukan 2 ton tapi juga 1 ton sehingga bisa mengolah sampah di tingkat yang lebih kecil lagi, misalnya tingkat RW” lugas Tetep.

“Saya ingin tidak hanya dua tiga, tapi kita dorong sampai di seluruh kabupaten kota kita buat percontohan untuk model seperti ini, bahkan bisa kita kembangkan kedepanya,” tambahnya.

Baca Juga  Petani Garam Pantura Butuh Perhatian Pemerintah

Hal yang paling penting lagi menurut Tetep ialah “sebelum proses ini adalah pemilahan sampah di tingkat rumah tangga, jadi sebelum sampai ke pusat pengolahan di tingkat RW, di masih masing rumah tangganya sudah dipisahkan, mana yang organik mana yang anorganik,” harapnya. (Cuy/Adv).

Komentar