oleh

Drs.H.Memo Hermawan : Menjaga Keutuhan NKRI Dengan Menjiwai 4 Pilar Kebangsaan

GARUT, Realitapublik.com,—  Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Barat Drs.H.Memo Hermawan mengatakan, beberapa tahun belakangan ini, nilai-nilai Nasionalisme dan Kejiwaan masyarakat terhadap apa yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan semakin menurun terutama bagi kalangan generasi penerus/ milenial.

Hal ini tentunya sangat memprihatinkan, untuk itu Kita di DPRD Jabar merasa terpanggil dan bertanggungjawab untuk memberikan pemahaman dan kejiwaan dari nilai-nilai luhur yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan kepada seluruh kalangan masyarakat terutama bagi kalangan generasi muda sebagai pewaris Bangsa dan Negara demi keutuhan NKRI.

Demikian dikatakan Anggota DPRD Jabar H.Memo Hermawan dihadapan peserta kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan bertema Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Augusta Garut jalan Cipanas Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut, Senin (15/03-2021).

Memo Hermawan, menjelaskan maksud tujuan pelaksanaan kegiatan empat pilar kebangasaan ini yaitu untuk membangun semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat Kabupaten Gaurt khususnya kaum milenial.

Empat (4) Pilar Kebangsaan  sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi (Pancasila), konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (NKRI) , serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika), ujar Memo, anggota Komisi IV DPRD Jabar ini.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Jabar 14 : Kabupaten Garut mengatakan, ada banyak faktor yang menyebabkan menurunnya rasa nasionalisme dan kejiwaan 4 pilar kebangsaan, diantara,  Pergeseran nilai budaya, masuknya pengaruh luar yang cukup kuat. Bahkan, yang lebih memprihatinkan selain kondisi saat ini banyak yang tidak hafal poin-poin dari Pancasila.

Yang cukup memprihatinkan kata Wakil Bupati Garut periode 2004-2009 ini, alih-alih untuk mengimplementasikan di lingkungan masyarakat, bahkan setidaknya mengetahui atau hafal secara lisan pun masih banyak yang belepotan. Inilah yang perlu ditanamkan dalam lingkungan sosial masyarakat.

Secara harfiah, sebelum mengimplementasikan, harus mengetahui terlebih dulu apa saja poinnya. Karena itu, sosialisasi 4 pilar perlu diperkenalkan sejak dini dilingkungan masyarakat. Terutama kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif, ujar Memo Hermawan yang duduk di Komisi IV DPRD Jabar ini.

Lebih lanjut Memo mengatakan, kegiatan sosialisasi  Empat Pilar Kebangsaan, sudah cukup lama dilaksanakan oleh seluruh anggota DPR RI dan MPR RI termasuk juga DPD.  Namun, bagi DPRD Provinsi Jawa Barat ini merupakan kali kedua dilaksanakan. Untuk itu, Ia mengajak semua elemen masyarakat khususnya masyarakat Garut untuk memahami dan mewujudkan tegaknya 4 pilar kebangsaan ini.

“Menjadi kewajiban kami untuk turut serta dalam mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan ini  kepada  semua lapisan masyarakat, agar semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi tetap terjaga dan terwariskan  bagi masyarakat Kabupaten Gaurt khususnya, dan seluruh Indonesia pada umumnya. tandasnya. (adikarya /yadi).

Komentar

Realita Terbaru