oleh

Iis Turniasih: 4 Pilar Kebangsaan Menjaga NKRI dan Mencegah Pengaruh Arus Globalisasi

RajaBackLink.com

PURWAKARTA, Realitapublik.com,— Empat Pilar Kebangsaan  perlu dikenalkan sejak dini dilingkungan masyarakat. Terutama kaum milenia (kalangan remaja dan pemuda) yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif.

Menurut Anggota DPRD Jawa Barat Hj. Iis Turniasih dari Fraksi PDI Perjuangan, memang arus globalisasi dan perkembangan kemajuan teknologi serta pengaruh sosial media (Sosmed), tentunya secara tidak langsung mempengaruhi kerkembangan rasa nasionalisme berbangsa dan bernegara bagi kalangan generasi bangsa.

Untuk itu, kita selaku anggota DPRD Jawa Barat kewajiban agar nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan benar-benar dapat menumbuhkan rasa kejiwaan dan nasionalisme bagi kalangan generasi bangsa dan negera, jangan sampai kendur.

“Kalau genarasi muda  bangsa kendur dalam menjiwai rasa nasionalisme, tentunya semakin mudah pengaruh asing / globalisme masuk ke bumi pertiwi dan dikhawatirkan dapat membecah bela kutuhan NKRI. Maka melalui kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, kita harapkan Generasi muda atau kaum milenial sebagai penerus bangsa dan negara, dapat mempertahankan keutuhan NKRI”.

Demikian ditegaskan Hj.Iis Turniasih saat melakukan kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di MI Huddatul Ummah, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Selasa (16/3-2021). Kegiatan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19

Dikatakan, maksud tujuan pelaksanaan kegiatan 4 pilar kebangasaan ini yaitu untuk membangun semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat Kabupaten Purkawarta, khususnya kaum milenial.

Adapun 4 pilar kebangsaan tersebut terdiri dari, ideologi Pancasila, konstitusi UUD 1945, persatuan dan kesatuan NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semangat keberagaman yang merupakan kekuatan persatuan bangsa Indonesia.

Iis mengatakan empat pilar kebangsaan merupakan landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  Untuk itu, mari kita perkokoh 4 pilar kebangsaan di dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai empat pilar sebagai legacy yang sudah sepatutnya harus dijadikan warisan kebangsaan yang harus dijaga, dirawat dan yang lebih penting lagi, dihadirkan dalam setiap ruang publik dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Mari kita perkuat 4 pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Agar kita senantiasa menjadi bangsa yang kuat yang dapat mewujudkan cita-cita kemerdekaan kita yakni terciptanya masyarakat yang adil dan makmur,” ujar politisi perempuan PDIP Jabar ini.

Lebih lanjut, wakil rakyat dari Dapil Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang mengatakan, dewasa ini bangsa Indonesia juga sedang diuji dengan adanya pandemi COVID-19. Untuk itu, mari kita perkokoh solidaritas nasional kita, memperkuat persatuan dan kebangsaan  dan memperkuat jiwa gotong royong , untuk bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan

“Kita semua tentunya sangat berharap  agar pandemi ini segera berakhir. Maka, mari kita patuhi penerapan Protokol Kesehatan 3 M, dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta tidak berkerumun’, tandas politisi perempuan PDIP Jabar ini. (adikarya /yadi).

Komentar

Realita Terbaru