oleh

Ini Salahsatu Tujuan Penting Karya Bakti dan Sosialisasi Yang Dilakukan Satgas Citarum Sektor 21

BANDUNG, realitapublik.com,— Satgas Citarum Sektor 21 dibawah komando Dansektor 21 Kol Arm Nursamsudin terus menggalakan karya bakti sungai dan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat bantaran sungai tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

Hal ini sebagai upaya dan konsistensi satgas citarum dalam mengemban tugas mengembalikan kelestarian ekoaistem DAS Citarum. Selain itu, kegiatan rutin harian mulai dari karya bakti sungai, sosialisasi melalui komsos secara door to door, serta patroli sungai mengantisipasi pencemaran diharapkan bisa memupuk dan menularkan kedisiplinan warga dalam mengelola sampah dan limbah.

Seperti hal nya yang dilakukan anggota satgas Citarum Sektor 21 di wilayah Subsektor 5 Cikapundung dan Subsektor 6 Citepus. Secara rutin, anggota satgas di dua wilayah tersebut melaksanakan karya bakti dan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat.

Baca Juga  Satgas Sektor 21-6 Angkat Sampah Sebanyak 100 Kg Dari Sungai Citepus

Untuk karya bakti sungai, Satgas Citarum Subsektor 5 Cikapundung menggelar pembersihan sungai bersama warga pelopor kebersihan di di wilayah Kp.Cijengjing RT 03 RW 01 Desa Cipagalo, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

“Kegiatan dilakukan di aliran sungai Cikapundung di sepanjang kurang lebih 90 Meter dengan lebar 4 meter. Sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 46 Kg sampah ilalang dan 8 Kg sampah plastik (rumah tangga),” ujar Serka Dadang Satgas Subsektor 21-05.

Di lokasi lain, anggota Satgas Subsektor 6 Citepus bersama warga pelopor kebersihan menggelar pembersihan sungai Citepus sebelah hilir kampung Bobojong, RT 02 RW 06, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Baca Juga  Satgas Citarum Sektor 21-7 Awasi Pembangunan TPS 3R di Tiga Desa
Karya Bakti Subsektor 21-6 Citepus

Dari kegiatan rutin sungai ini, kata Sertu Mustofa, anggota satgas dan warga berhasil melaksanakan pembersihan sungai Citepus di sepanjang aliran 100 Meter.

Dari hasil pembersihan, kedua wilayah Subsektor tersebut, sampah yang berhasil dikumpulkan sementara ini dimusnahkan dengan cara dibakar.

Sementara, untuk kegiatan sosialisasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat kepada warga bantaran sungai, anggota satgas melaksanakan sosialisasi melalui komsos secara door to door. Di wilayah subsektor 6 Citepus, anggota satgas seusai melaksanakan patroli sungai mengingatkan dan menyampaikan kepada warga tentang pentingnya perans serta dalam menjaga kebersihan dan kelestaraian sungai.

Baca Juga  Lanjutkan Sidak Lapangan, Kali Ini Dansektor 21 Kunjungi 2 Subsektor Wilayah Sungai Cisangkuy

“Kegiatan komsos disampaikan kepada warga bantaran sungai di wilayah kampung Bobojong RT 02 RW 06. Mengajak supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai, serta menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai,” jelas Sertu Mustofa.

Untuk wilayah Subsektor 5 Cikapundung, anggota Satgas menyampaikan hal yang sama kepada warga bantaran di wilayah warga sekitar Kp. Cijengjing DS. Cipagalo kec. Bojongsoang Kabupaten Bandung.

“Menyampaikan kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sungai dari sampah dan bahan yang mengandung zat yang berbahaya,” harap Serma Dadang. (Cuy)

Komentar

Realita Terbaru