oleh

Polisi Temukan Ladang Ganja Seluas 12 Hektare dan Amankan Ganja Seberat 144 Ton

JAKARTA, realitapublik.com,— Ganja seberat 144,5 ton dan temuan 12 hektare ladang ganja di Desa Banjar Lancat, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Berhasil ditemukan dan diamankan Polres Metro Jakarta Barat Polda Metro Jaya.

“Ada sekitar 144,5 ton ganja yang berhasil disita oleh Polres Metro Jakarta Barat. Sebanyak 500 kilogram dalam bentuk ganja siap edar yang sudah dikemas dengan berat satu kilogram,” terang Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga  PMPRI: Pers dan LSM Masih Dianggap Musuh Bagi Pelaku Kejahatan di Indonesia

Temuan ini merupakan tindak lanjut dari pengungkapan peredaran narkoba pada bulan Juli 2020 lalu. Tepatnya, Hari Selasa (21/07/2021), pihak Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menangkap tersangka AH (47) dengan barang bukti 75 kilogram ganja yang disamarkan dengan dodol di dalam karung.

“Tersangka sudah dihukum di PN Jakarta Barat dengan vonis 15 tahun penjara,” kata Irjen Fadil.

Baca Juga  Terlibat Narkoba, Propam Polda Jabar Amankan 12 Anggota Polsek Astana Anyar

Dari pengungkapan kasus tersebut, Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Metro Jakarta Barat kemudian melakukan penyelidikan dan penangkapan yang berujung dengan penggerebekan ladang ganja seluas 12 hektare di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

“Mulai dari bulan Juli 2020 sampai Februari 2021 tim Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil mengamankan sembilan orang tersangka,” terang Kapolda.

Baca Juga  Sat Narkoba Polres Majalengka Amankan 9 Pelaku Penyalahgunaan Sabu, Ganja Dan Obat Terlarang

Para tersangka dijerat dengan Pasal 113 subsider Pasal 114 subsider Pasal 111 subsider Pasal 132 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling maksimal 20 tahun penjara. Kapolda juga mengapresiasi kerja keras Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat yang telah menyelamatkan jutaan orang dengan menggagalkan peredaran ganja tersebut. (Cuy).

Komentar

Realita Terbaru