oleh

Sebanyak 70 Peserta Didik LKP RMA Ikuti Ujian Akhir Kurikulum Kelas Basic

BANDUNG, realitapublik.com,— Sebanyak 70 peserta didik Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) RMA (Revi Model & Akting) mengikuti peragaan busana di atas Catwalk yang digelar di Auditorium Piset Squere Bandung, Minggu (28/03/2021).

Peragaan busana ini merupakan salahsatu ujian akhir kurikulum kelas Basic yang diterapkan LKP RMA. Penampilan 70 peserta didik terdiri dari 5 kelas yang selama 5 bulan mendapatkan materi pengajaran dan pelatihan. Setelah melewati ujian akhir kurikulum, peserta didik yang lulus akan mendapatkan Sertifikat Kelulusan dari Dinas Pendidikan Kota Bandung.

“Acara ini dilaksanakan adalah salahsatu ujian akhir kurikulum kelas basic. Karena memang lembaga kursus dan pelatihan ini punya materi. Yang tentunya mereka (peserta didik) mendapatkan sertifikat akhir dari dinas pendidikan kota bandung,” jelas Revi Lantika selaku Kepala LKP RMA.

Dikatakan Revi, Lembaga Kursus dan Pelatihan RMA merupakan lembaga pendidikan seperti sekolah. Karena memiliki materi pelajaran dan pertemuan pelatihan. Bukan hanya disiapkan untuk menjadi seorang model dan aktris, tetapi lebih pengembangan pribadi, minat dan bakat.

“Di sini betul-betul sekolah, yang mempunyai materi dan pertemuan yang berbeda beda. Bukan mereka di sini harus menjadi model yang profesional atau mereka harus menjadi artis. Sekolah di sini adalah lebih ke pengembangan pribadi mereka dan juga untuk mengembangkan minat bakat,” paparnya.

“Karena seperti tadi yang disampaikan pak Gaos dari dinas pendidikan, bahwa non formal dan formal itu sangat berkaitan buat kesuksesan anak-anak remaja di masa depan. Karena dengan mereka mempunyai talenta, punya pengembangan bakat yang lebih percaya diri. Itu yang diajarkan di sekolah kita,” imbuh Revi.

Revi juga menyebutkan, meskipun baru berdiri sejak setahun yang lalu, Surat ijin dari Dinas Pendidikan pada Bulan Februari dan baru keluar NPSN dari Kemendikbud pada Bulan Maret 2020. Peserta didik yang terdiri dari dua jenjang pendidikan (Basic dan Advance), sudah mencapai berbagai prestasi.

“Murid-murid di sini beberapa sudah ada yang menjadi host, untuk yang berprestasi ada yang menang juga dari putri kebudayaan Jawa Barat salahsatunya murid kami, pemenang moka (mojang dan jajaka) Bandung itu juga murid lulusan dari sini,” ungkapnya.

Kepala LKP Revi Model & Artis (RMA) Bandung, Revi Lantika
Revi Lantika, Kepala LKP RMA (Revi Model & Artis) Bandung

Jenjang pendidikan di LKP RMA, lanjut Revi, memiliki dua klasifikasi, Basic dan Advance. Untuk kelas Basic, mereka diajarkan dasar-dasar materi yang ada dalam kurikulum sebanyak 20 materi pertemuan selama 5 Bulan. Sementara untuk kelas Advance, pelatihan dan pembelajaran selama 3,5 Bulan.

“Kalau basic mereka memang dari dasar, dengan 20 kali materi mereka mendapatkan pembelajaran yang sangat banyak. Artinya mereka bukan hanya belajar sebagai model untuk catway atau photoshoot saja, tapi mereka juga belajar akting, public speaking dan lain-lain,” jelasnya.

“Setelah itu mereka bisa belajar (naik kelas) advance. Di advance ini, akan lebih belajar kepada simulasi. Simulasi bagaimana mereka runaway, bagaimana mereka foto, bagaimana mereka juga belajar make up sendiri, juga memakai sinjang. Dan seperti yang sampaikan tadi, untuk laki-laki yang belajar di sini juga mereka harus bisa memakai ikat sunda, karena kita di jawa barat, budaya nya juga masukan dalam materi,” pungkas Revi, Model papan atas nasional yang genap berusia 53 Tahun. (Cuy)

Komentar

Realita Terbaru