oleh

Tim Gabungan Satgas Citarum Dinas LH dan Warga Bersihkan Tumpukan Sampah Sungai Cikijing

RANCAEKEK, realitapublik.com,— Satgas Citarum Sektor 21 dan petugas DLH Kabupaten Bandung beserta warga setempat membersihkan tumpukan sampah aliran sungai Cikijing yang ada di desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu (13/03/2021).

Satgas Citarum Sektor 21 dibawah komando Dansektor 21 Kol Arm Nursamsudin, melalui Serka Mulyana Satgas Sektor 21-01 Rancaekek, mengatakan, tumpukan sampah sepanjang sekira 20-30 meter menutupi aliran sungai selebar sekitar 4 meter tersebut diperkirakan telah ada sejak 5 hari yang lalu disebabkan terbawa arus sungai saat hujan beberapa hari lalu.

Baca Juga  Satgas Sektor 21-3 Karya Bakti dan Laporkan Progres Pengerukan Sedimentasi Sungai Cipamokolan

Dengan adanya tumpukan sampah ini, pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan perangkat wilayah dan stakeholder terkait. Melihat volume sampah yang menutupi aliran, tidak bisa serta merta dilakukan pengangkatan sendiri oleh satgas, harus melibatkan unsur terkait.

“Satgas dan anggota gober wilayah tiap hari memang melaksanakan karya bakti sungai. Namun untuk kondisi sampah yang seperti ini dibutuhkan pengerjaan gabungan. Untuk itu kami hari ini bersama dlh kabupaten bandung melakukan pengangkatan tumpukan sampah,” jelas Serka Mulyana.

Baca Juga  Satgas Sektor 21-3 Angkat Sampah 100 Kg Dari Aliran Sungai Cipamokolan

Pengerjaan pengangkatan tumpukan sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung mengerahkan belasan petugas dari tim Badega Rancaekek beserta balad Badega dan petugas sampah UPT IV. Dan mengerahkan 1 armada dumptruck. Sementara tim satgas sektor 21 mengerahkan satgas subsektor 01 Rancaekek dan tim Gober wilayah Subs 01.

Kalaupun hari ini tidak dapat diselesaikan, lanjut Serka Mulyana, pelaksanaan pengerjaan akan dilanjutkan esok hari, dalam giat gabungan Satgas Subs 01 Rancaekek, Subs 15 Sumedang, Subs 17 Solokan Jeruk.

“Kegiatan pengangkatan sampah dilakukan sejak pagi hingga sore, jika hari ini tidak selesai, besok rencananya akan dilakukan kerja gabungan lagi melibatkan satgas citarum beberapa subs,” terangnya.

Baca Juga  Tancap Gas, Ini Strategi Dansektor 21 Minimalisir Sampah Rumah Tangga di Sungai

“Dan DLH juga sudah memastikan akan membantu mengerahkan armada pengangkutnya,” imbuh Serka Mulyana.

Sementara, Zulkarnain selaku Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bandung akan siap membantu dan berkolaborasi dalam melakukan pembersihan sampah yang menutupi aliran sungai ini. Meskipun dirinya mengakui, untuk sampah di aliran sungai bukan tanggung jawab sepenuhnya, namun pihaknya siap bekerjasama dan berkolaborasi.(Cuy)

Komentar