oleh

Wabup KBB Hengky Kurniawan Sebut Dansektor 9 Visioner, Ini Alasannya

BATUJAJAR, realitapublik.com,— Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan menyebut Komandan Sektor 9 Citarum Harum Kol Czi Raflan sebagai orang yang visioner. Karena mampu melihat dan akan menjadikan hamparan bantaran dan sungai Citarum seluas sekitar 2 Hektar di wilayah desa Galanggang, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat sebagai destinasi wisata.

Hal itu diungkapkan Wabup Hengky Kurniawan usai melaksanakan peringatan Hari Air Sedunia bersama Satgas Citarum Sektor 9, Karang Taruna dan penggiat lingkungan hidup di sisi sungai Citarum di desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Senin (29/03/2021).

Video Terkait

Selain melakukan pembersihan dengan pungut sampah di bantaran sungai, Wabup Hengky Kurniawan dan Komandan Sektor 9 bersama Forkopimda secara simbolis melakukan penanaman pohon di bantaran sungai.

“Mudah-mudahan di sini bisa menjadi destinasi wisata, tadi pak komandan sudah memberikan gambaran yang luar biasa. Beliau mempunyai (pandangan) visioner lah ya,” puji Wabup Hengky Kurniawan.

Tak hanya dinilai memiliki pandangan yang visioner, munurut Hengky, yang terpenting adalah niat dan upaya merubah suatu tempat menjadi objek yang bernilai manfaat dan produktif, tujuan diciptakan tempat atau destinasi wisata tidak lain untuk meningkatkan partisipasi dan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang ada di wilayah setempat.

Baca Juga  Satgas Sektor 21-13 Karya Bakti Sungai di Kelurahan Utama

“Harapannya kedepan itu menjadi destinasi wisata, menambah (peningkatan) ekonomi masyarakat dan PAD. Jadi bukan untuk pribadi tetapi dikembalikan lagi untuk masyarakat. Kalau kita (pemda dan satgas) saja yang peduli, masa iya masyarakat sendiri tidak peduli untuk kesejahteraan,” ungkapnya.

Dirinya secara tidak langsung mendukung agar lokasi yang sedang dilakukan pembenahan oleh Satgas Citarum Sektor 9 yang akan dijadikan destinasi wisata air ini, segera terwujud.

“Harapannya semoga bisa terwujud. Nanti kalo ada agenda ke desa Ganlanggang lagi bisa mampir makan di sini. Udah ada saung-saung nya, udah ada ski air nya dan lainnya,” harapnya.

Sementara, Komandan Sektor 9 Kol Czi Raflan menyampaikan dengan digelarnya pembersihan sampah di wilayah sungai Citarum (berdekatan dengan Waduk Saguling) bersama Wakil Bupati diharapkan bisa mengkampanyekan bahwa tolak ukur kebersihan air (waduk) dan sungai merupakan salahsatu peradaban manusia.

Juga memberikan pesan kepada masyarakat, khususnya warga Kabupaten Bandung Barat untuk meningkatkan kepedulian (sense of belonging) dan rasa tanggungjawab (sense of responsibility) terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem.

Baca Juga  Karya Bakti Sungai Cisangkuy, Satgas Sektor 21-7 Angkat Sampah Sebanyak 150 Kg

“Harapan dengan adanya kegiatan ini, sehingga nanti muncul kesadaran, kepedulian dan rasa tanggung jawab masyarakat pola hidup bersih dan sehat. Sehingga mereka merubah midnset-nya (pola berpikir), menjaga lingkungan dan ekosistem. Dijadikanlah sungai dan waduk itu sebagai pusat peradaban,” harap Kolonel Raflan.

“Kita jaga alam, alam jaga kita. Alam kita benahi dengan baik akan mengurangi (potensi) bencana alam,” imbuhnya.

Dansektor 9 Kolonel Raflan juga menyebutkan, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan mendukung wilayah ini menjadi destinasi wisata. “Nanti dinas pariwisata dan lingkungan hidup akan ikut membantu di sini, bekerjasama dengan satgas sektor 9 citarum harum.

“Kita akan wujudkan tempat ini menjadi lahan produktif. Yang dulunya tempat (penumpukan) sampah dan eceng gondok kita buatkan destinasi wisata sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

“Ekonominya bagus, tanamannya (alam) bagus, jadi menguntungkan pemerintah, mungkin pendapatan asli daerahnya makin bertambah, sehingga bisa mensejahterakan masyarakat yang ada di sekitar ini,” tambahnya.

Dirinya juga berpesan agar setelah nantinya berhasil mewujudkan wilayah ini menjadik lahan produktif atau destinasi wisata. Masyarakat harus merasa memiliki dan menjaga kelestarian alam nya.

Baca Juga  Karya Bakti Sungai Citarik Di Desa Padamukti

“Masyarakat merasa memiliki tempat ini dan menjaga alamnya. Sehingga nanti tempat ini selalu bersih setelah (ditinggalkan) satgas citarum harum,” pesannya.

Menyadari lokasi aliran dan bantaran sungai Citarum yang sedang dibenahi ini milik pengelola Waduk Saguling dan berlokasi di Kabupaten Bandung Barat. Pihaknya akan terus melakukan koordinasi.

“Karena tempat ini yang punya (pengelola) Saguling, nanti kita lakukan komunikasi dengan waduk saguling dan pemkab bandung barat. Sektor citarum siap membantu dan bekerjasama untuk mewujudkan apa yang diinginkan pemerintah bandung barat,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri kegiatan peringatan Hari Air Sedunia, Komandan Sektor 9 Kol Czi Raflan mengajak Wabup Hengky Kurniawan dan jajaran pemkab berkeliling aliran sungai yang memiliki lebar lebih dari 50 meter, menggunakan perahu motor. Untuk melihat potensi alam yang ada di wilayah desa Galanggang, Batujajar.

Tak sampai di situ, Wabup Hengky juga secara simbolis menyerahkan bantuan armada pengangkut sampah motor roda tiga kepada Dansektor 9 Citarum Harum. Armada pengangkut sampah ini merupakan penyaluran CSR dari produk minuman mineral PT. Mayora. (Cuy)

Komentar