oleh

Jelang Ramadan 1442, Yuk Berbagi Bersama IZI Jawa Barat Lewat ‘Booking Berkah Ramadhan’

BANDUNG, realitapublik.com,— Menjelang bulan suci Ramadhan 1442/2021, dijadikan momentum Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mengajak dan mengingatkan seluruh umat Islam yang diberikan kelebihan rezeki dan harta untuk berbagi membantu saudara sesama muslim yang berada di bawah garis kemiskinan. Khususnya bagi saudara sesama muslim yang tinggal di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal.

Bagi IZI, kesejahteraan menjadi salah satu kunci untuk merawat simbol kebersamaan kita. Nilai kebersamaan itu jamak dikenal sebagai “Gotong Royong” yang sudah menjadi nilai luhur bangsa kita sejak dulu.

Melalui Program “Booking Berkah Ramadhan 1442 H”, Inisiatif Zakat Indonesia(IZI) kembali akan membantu saudara – saudara kita di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Tertinggal artinya daerah ini masih banyak penduduk miskin. Terluar, karena letaknya berbatasan dengan negara tetangga, dengan lokasi – lokasi yang sulit dijangkau karena minimnya infrastruktur. Terdepan artinya merupakan salah satu daerah prioritas penyaluran program Booking Berkah Ramadhan dari IZI.

Hal itu diterangkan Dian Mardiana S.E. selaku Kepala Perwakilan IZI Jawa Barat saat menggelar konferensi pers di Bandung, Sabtu (10/04/2021). Dalam kesempatan yang sama, IZI Jawa Barat menyerahkan secara simbolis paket berkah Ramadhan kepada beberapa orang penerima zakat (mustahiq).

Dijelaskan Dian Mardiana, program ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan bahan makanan pokok untuk keluarga dhuafa sepanjang bulan Ramadhan yang dikemas dalam satu paket per keluarga. Selain itu, program ini juga IZI akan melakukan perbaikan prasarana ibadah (Masjid dan Mushola). Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dalam beribadah, khususnya selama bulan Ramadhan.

Adapun program Booking Berkah Ramadhan 1442 H yang akan dilakukan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), antara lain :

-Paket Ramadhan, target penerima manfaat 13.000 jiwa

-Benah Masjid / Mushola, target penerima manfaat 10 Mushola

-Santunan Guru Ngaji, target penerima manfaat 150 jiwa

-Paket Anak Sholeh, target penerima manfaat 1.000 jiwa

-Paket Takjil & Ifthor, target penerima manfaat 22.000 jiwa

-Sebar Al Qur’an, target penerima manfaat 1.000 exemplar, dill

Program tersebut, lanjut Dian, akan didistribusikan ke wilayah Jawa Barat. Ke berbagai wilayah binaan yang masih membutuhkan. Dengan mengusung tema Ramadhan ‘Gotong Royong Berzakat Muliakan Mustahik’. “Membawa pesan yang sangat mendalam bagi kaum muslimin agar senantiasa saling bergotong royong membantu sesama saudara di bulan suci ini sehingga Allah swt akan membalasnya dengan memberi kemudahan,” ungkapnya.

Menyadari bahwa tak dapat berjalan sendiri dalam melakukan kebaikan dan perbaikan. Dengan campur tangan dan kehadiran semua pihak, khususnya wartawan dan media. IZI berharap sinergi dengan wartawan dan mitra media semakin memudahkan IZI untuk mensosialisasikan program – program Ramadhan IZI agar dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga masyarakat berkenan untuk bergotong royong memuliakan mustahik melalui program — program yang dilaksanakan oleh IZI.

Bulan suci ramadhan, selain bulan yang penuh nilai ibadah, bagi umat Islam pada umumnya adalah bulan menunaikan zakat. Hal tersebut dilakukan karena zakat dianggap sebagai salah satu amalan yang berpahala besar apalagi apabila dilakukan di bulan yang suci.

Namun tahukah kamu apakah sesungguhnya yang dimaksud dengan zakat dan bagaimana hukumnya?

Zakat merupakan salah satu amalan yang hukumnya wajib. Pengertian zakat menurut Pedoman Zakat Seri Ketiga Fikih Zakat Departemen Agama adalah sesuatu yang diberikan orang sebagai hak Allah kepada yang berhak menerima antara lain fakir, miskin, amil, mu’allaf, budak, gharim, sabilillah, dan ibnu sabil (menurut ketentuan-ketentuan dalam agama Islam).

Zakat dikeluarkan sesuai dengan nisab diri masing-masing. Nisab sendiri merupakan ukuran tertentu dari harta yang dimiliki dan wajib dikeluarkan zakatnya. Misalnya, nisab untuk zakat fitrah adalah sebesar satu sha’ dari gandum atau setara dengan 3,2 liter beras.

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, “Rasulullah mewajibkan zakat fitrah satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari gandum terhadap hamba dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan dan anak-anak dan dewasa dari kaum muslimin dan diperintahkannya agar mengeluarkan zakat fitrah sebelum orang-orang berangkat menunaikan shalat.”

Secara garis besar, zakat dibagi menjadi dua yaitu zakat mal (zakat harta) dan zakat fitrah. Zakat mal merupakan zakat yang dikeluarkan seseorang berupa harta benda dengan syarat tertentu. Sementara zakat fitrah adalah zakat yang berfungsi sebagai pencuci dosa yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadan. (Cuy)

Komentar

Realita Terbaru