oleh

Kepergok Buang Sampah Ke Sungai, Satgas Citarum Sektor 21-9 Berikan Sanksi Sosial Ikut Karya Bakti

BANDUNG, realitapublik.com,— Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 9 Ciparay berikan sanksi sosial kepada warga yang telah kedapatan membuang sampah ke sungai. Sanksi sosial yang diberikan berupa hukuman ikut korve atau karya bakti sungai bersama satgas.

Hal ini sebagai upaya satgas memeberikan efek jera terhadap pembuang sampah ke sungai. Serta memberikan contoh dan peringatan kepada warga lain, agar tidak melakukan hal serupa.

Baca Juga  Pengerukan Sedimentasi Sungai Cipamokolan Mencapai Sepanjang 2.300 Meter

Hukuman atau sanksi sosial ini sebenarnya lebih ringan dari sanksi jika berdasarkan Perda No 15 Tahun 2012. Dalam Perda tersebut, bagi warga yang membuang sampah sembarangan bisa dihukum kurungan maksimal 6 bulan (penjara) dan denda maksimal 50 juta.

Baca Juga  Satgas Citarum Sektor 21-9 Ciparay Konsisten Ajak dan Ingatkan Warga Untuk Menerapkan PHBS

“Kejadiannya hari senin kemarin (12/04). Kita tangkap karena kedapatan buang sampah langsing ke sungai,” kata Serma Andri, anggota Satgas Sektor 21-09 Ciparay.

“Langsung kami diberikan sanksi ikut korve bersama satgas di sungai. Namun karena ada itikad baik dan mengakui kesalahannya, kita berikan keringanan hukuman, sejak hari ini (Jumat, 16/04) sanksi sudah berakhir, ” tambahnya.

Baca Juga  Satgas Citarum Sektor 21-18 Bersihkan Aliran Sungai di Desa Margamulya

Selain karena itikad baik dan rasa bersalah, pengurangan hukuman sanksi sosial yang rencana nya diberikan selama 14 hari atau sampai sebulan, diringankan karena alasan bulan puasa Ramadhan. (Cuy)

Komentar

Realita Terbaru