oleh

Kolaborasi Satgas Sektor 21-9 Ciparay dan Warga Cimeulang Manggungharja Bebersih Lingkungan

CIPARAY, realitapublik.com,— Perkuat rasa gotong royong dan meningkatkan kesadaran lingkungan, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 9 Ciparay bersama warga RW 14 desa Manggung Harja melaksanakan karya bakti pembersihan aliran air dan akses jalan yang akan digunakan pembangunan TPS 3R untuk 6 RW di dusun Padepokan, desa Manggung Harja.

Kegiatan ini, merupakan bagian dari misi satgas citarum sektor 21 guna meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem alam. Berkolaborasi dan sinergi mewujudkan citarum kembali harum.

Baca Juga  Dansektor 21 : Jaga Alam, Alam pun jaga Kita

Warga desa Manggungharja, khususnya dusun Padepokan menyambut baik terkait rencana pembangunan TPS 3R dari Kementerian PUPR sebagai program dukungan Citarum Harum.

Selama ini, dusun Padepokan yang terdiri dari 6 RW (10,11,12,13,14,15 dan 16), memiliki TPS dengan memanfaatkan lahan carik yang ada di desa Manggungharja. Sebagai tempat pembuangan sampah rumah tangga warga. Dimusnahkan dengan cara dibakar.

Dengan adanya rencana pembangunan TPS 3R, warga berharap pengelolaan sampah bisa lebih baik dan mengurangi pencemaran timbulan akibat pembakaran sampah dan potensi bau yang ditimbulkan karena tumpukan sampah.

Baca Juga  Karya Bakti Sungai Cimahi Oleh Satgas Sektor 21-13

Di lokasi kegiatan, Ketua RW 14 Wawan mengungkapkan kegiatan kerja bakti warga sudah rutin dilakukan. Untuk itu dengan kehadiran satgas citarum dirinya menyampaikan rasa terimakasih karena ikut membantu kegiatan kerja bakti.

“Alhamdulillah dengan kedatangan bapak-bapak satgas, dapat membantu. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada satgas khususnya, umumnya kepada masyarakat yang terkait di dalam nya,” ungkap Wawan.

Untuk pengelolaan sampah di RW 14 kampung Cimeulang, Wawan juga berharap pembangunan TPS 3R segera terealisasi. Selama ini sampah yang ada dikumpulkan oleh Karang Taruna dan seminggu sekali dibuang di TPS. Pihaknya juga mengaku sudah melakukan imbauan kepada warga untuk menerapkan pilah pilih sampah sebelum dibuang. Karena pengelolaan TPS 3R bisa berjalan maksimal jika sampah sudah dilakukan pilah pilih sampah di lingkungan keluarga.

Baca Juga  Satgas Sektor 21 Selesaikan Pengerukan Sedimentasi Sungai Cipamokolan

RW 14 desa Manggungharja, jelas Wawan, terdiri dari 2 RT dan terdapat 260 Kepala Keluarga dengan jumlah penduduk sebanyak 762 jiwa. (Cuy)

Komentar