oleh

Satgas Covid 19, Pemerintah Dukung Vaksin Nusantara Asalkan Penuhi Kriteria BPOM

JAKARTA, realitapublik.com,— Pemerintah akan mendukung pengembangan vaksin Nusantara jika telah memenuhi kriteria dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dikatakan Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, Ada tiga poin penting kriteria yang harus dipenuhi, yakni keamanan, efikasi dan kelayakan vaksin.

“Pada prinsipnya semua vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat harus mendapatkan izin dari BPOM utamanya dari aspek keamanan, efikasi dan kelayakan,” tutur Wiku, dalam konferensi pers secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga  Satgas Lawan Covid-19 DPRD Jabar Pantau Pelaksanaan PSBB Tingkat Jabar

“Selama memenuhi kriteria, pemerintah akan memberikan dukungan,” imbuhnya.

Pengawasan atas pengembangan vaksin Nusantara, lanjut Wiku, merupakan kewenangan BPOM selaku otoritas resmi pengawas obat dan makanan. Pada prinsipnya, pemerintah akan memastikan efektivitas, keamanan dan kelayakan dari setiap vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk program vaksinasi.

Baca Juga  Memahami Perilaku dan Informasi yang Tepat untuk Mencegah Penularan COVID-19

“Oleh karenanya, dalam berbagai pengembangan vaksin di Indonesia termasuk vaksin Nusantara, harus mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang sudah diakui dan sesuai standar WHO,” terangnya.

Baca Juga  Melebihi Jam Operasional, Pemkot Bandung Tindak Tegas dan Segel 2 Kafe Di Dago

Atas dasar tersebut, Satgas Nasional Penanganan Covid-19 menyarankan tim peneliti vaksin Nusantara segera berkoordinasi dengan BPOM. Vaksin ini belakangan menjadi polemik. Disebabkan, uji klinik fase kedua vaksin Nusantara tetap dilanjutkan meski belum mendapatkan izin atau Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) dari BPOM. (cuy/dbs)

Komentar

Realita Terbaru