oleh

Sosialisasi Citarum Tingkatkan Kesadaran Lingkungan dan Menjadi Kepanjangan Tangan Mata Telinga Satgas

CIMAHI, realitapublik.com,— Satgas Citarum sektor 21 menggelar sosialisasi program Citarum kepada warga kelurahan Cibeureum, Kota Cimahi. Kegiatan yang digelar di aula Kelurahan, dihadiri perwakilan warga dari 6 RW yang berada dekat dengan aliran sungai, yakni sungai Citopeng dan Cibeureum.

Tujuan dilaksanakannya sosialisasi, kata Dansektor 21 Kol Arm Nursamsudin, untuk menyampaikan visi dan misi kegiatan yang dilakukan satgas Citarum sektor 21 dalam rangka mewujudkan Citarum yang harum, bebas limbah dan sampah.

Selain itu, sosialisasi ditujukan sebagai cara bagaimana mengedukasi masyarakat, supaya memiliki kesadaran pribadi dan mandiri dalam hal pengelolaan sampah dan lingkungan. “Mengingat masyarakat di sini lingkungannya di dekat pabrik, sehingga bisa dijadikan kepanjangan tangan, mata dan telinga dari satgas sektor 21. Karena masyarakat sendiri yang berada di lingkungan pabrik, jadi mereka bisa melihat langsung dan bisa langsung melaporkan kepada kami,” ujar Dansektor 21 Kol Arm Nursamsudin.

Baca Juga  Sidak Industri, Dansektor 21 Puji Sistem Pengolahan Limbah Pabrik Tekstil Terbesar di Jabar

Hal ini, lanjut Kolonel Nursamsudin, sebuah upaya dan solusi dalam rangka mewujudkan lingkungan terbebas sampah dan pengelolaan limbah yang semakin hari semakin baik.

Dalam kegiatan tersebut, Satgas Citarum Sektor 21 juga menyampaikan kepada warga akan menindaklanjuti keluhan saran dan keinginan warga yang berkaitan dengan perbaikan lingkungan.

Baca Juga  Satgas Sektor 21 Siapkan Sarana Yang Bisa Dimanfaatkan Warga

“Kami berharap masyarakat yang hadir, sekembalinya sampai di rumah dia bisa menyampaikan pesan yang telah kita sampaikan ini kepada warga nya. Kemudian apabila ada keluhan dan apabila ada temuan dari masyarakat, kami juga akan membantu mem-follow up, mengkomunikasikan dengan pihak yang berkaitan,” ungkapnya.

Sementara, Sekretaris Kelurahan Cibeureum menyampaikan apresiasi dan mendukung apa yang telah diupayakan satgas Citarum dalam mengembalikan kelestarian lingkungan. Dirinya menyebutkan, pada pelaksanaan kegiatan sosialisasi dihadiri perwakilan warga dari 6 RW di kelurahan Cibeureum yang bersinggungan langsung dengan anak dan cucu sungai Citarum, yakni citopeng dan cibeureum.

Baca Juga  Pengawasan Satgas Sektor 21 Terhadap Industri Penghasil Limbah Cair

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya, terutama kepada satgas Citarum Sektor 21. Mudah2an kegiatan ini berlangsung berkesinambungan dan manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat di wilayah kelurahan Cibeureum,” tuturnya.

“Semoga kegiatan ini (program Citarum) tetap berlangsung dan bisa menyadarkan masyarakat serta pihak swasta untuk senantiasa menjaga lingkungan kita, terutama sungai-sungai anak Citarum pada khususnya yang ada di wilayah kelurahan Cibeureum,” harapnya. (Cuy)

Komentar