oleh

Aksi Massa Hari Buruh 2021 di Jabar Terapkan Prokes

BANDUNG, realitapublik.com,— Peringatan Hari Buruh 2021, serikat buruh se-Jawa Barat menggelar aksi di depan Gedung Sate, Kota Bandung, pada Sabtu (01/05/2021).
Sekitar 300 orang massa aksi nampak mengenakan masker dan berdiri dengan jarak saat berunjuk rasa.

Melalui pengeras suara, Koordinator aksi massa, mengingatkan kepada para aksi agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan menggunakan hand sanitizer.

Baca Juga  Peringatan Hari Buruh 2021, DPRD Jabar: Prioritaskan Kesejahteraan Buruh

Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 Jabar, Ajat Sudrajat mengatakan peringatan Hari Buruh Internasional 2021 di masa pandemi Covid-19 dan bulan Ramadhan. Jumlah massa yang ikut aksi pun dibatasi.

“Aksi memperingati May Day tahun ini di tengah kondisi serba terbatas. Maka hari ini kami mengefektifkan kegiatan tidak ada pengerahan massa. Ada 300 orang dari 17 serikat buruh,” ujar Ajat.

Baca Juga  Akan Menggelar Aksi di Sejumlah Daerah, KSPI Tetap Akan Perhatikan Protokol Kesehatan

Sesuai dengan anjuran pemerintah, kata Ajat, pihaknya tidak menginginkan kerumunan dan akan tetap menjaga jarak.

“Tetap mengatur jaga jarak, artinya tiap satu orang ada jarak satu meter. Massa akan kami atur supaya jaga jarak,” tegasnya.

Beberapa tuntutan dilontarkan dalam aksi, diantaranya meminta Mahkamah Konstitusi agar membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja. Tuntutan selanjutnya adalah mendesak perusahaan membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) 2021 secara penuh dan sekaligus. Buruh juga mendesak pemerintah menetapkan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) 2021.

Baca Juga  Peringatan Hari Buruh 2021, DPRD Jabar: Prioritaskan Kesejahteraan Buruh

Selain itu, buruh meminta aparat hukum dapat mengusut tuntas dugaan korupsi Dana Jamsostek dan mendorong pemerintah agar menindak pengusaha-pengusaha nakal yang tidak melaksanakan hak normatif buruh. (Cuy/DBS)

Komentar

Realita Terbaru