oleh

Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Berikut Waktu dan Wilayah di Indonesia Yang Bisa Mengamati

BANDUNG, realitapublik.com,— Fenomena alam Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon, yang akan terjadi pada Rabu (26/05/2021) petang. Sebagian besar wilayah di Indonesia dapat melihat fase terjadinya gerhana secara total.

Berdasarkan informasi dan hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang menyebutkan terdapat tujuh fase untuk mencapai Gerhana Bulan Total (GBT). Diantaranya, Gerhana mulai (P1); Gerhana Sebagian mulai (U1); Gerhana Total mulai (U2); Puncak Gerhana; Gerhana Total berakhir (U3); Gerhana Sebagian berakhir (U4); dan Gerhana berakhir (P4).

Untuk wilayah yang berada di antara garis U1 (Gerhana Sebagian Mulai) waktu terjadi Pukul 16.44 WIB/ 17.44 WITA/ 18.44 WIT. Dan U2 (Gerhana Total Mulai) teramati waktu terjadi Pukul 18.09 WIB/ 19.09 WITA/ 20.09 WIT.

Adapun wilayah tersebut diantaranya, sebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimanatan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, sebagian Sumatera Barat, sebagian Riau, dan Kepulauan Riau.

“Wilayah ini akan mendapati Bulan sudah dalam fase gerhana sebagian pada saat Bulannya terbit. Selanjutnya, akan dapat mengamati gerhana hingga gerhananya berakhir,” keterangan BMKG yang tertulis dalam laman resminya.

Bulan dalam fase gerhana total saat Bulan sedang terbit akan didapati oleh pengamat yang berada di antara garis U2 dan U3, yaitu di sebagian Sumatera Utara, sebagian Sumatera Barat, dan sebagian Riau, untuk selanjutnya akan dapat mengamati Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 hingga gerhana berakhir.

Sedangkan pengamat di sebelah barat garis U3, yaitu di sebagian Sumatera Utara dan Aceh akan dapat mengamati Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 dari fase gerhana sebagian pasca-totalitas hingga gerhana berakhir.

Sementara, Berdasarkan pengamatan BMKG, hanya pengamat di wilayah Papua yang dapat mengamati seluruh fase Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021.

Adapun pengamat yang berada di antara garis P1 dan U1, yaitu di Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, NTT, Sulawesi Utara, sebagian Gorontalo, Sulawesi Tenggara, sebagian Sulawesi Tengah, dan sebagian kecil Sulawesi Selatan bagian tenggara akan mendapati Bulan sudah dalam fase gerhana penumbra pada saat Bulannya terbit. (Cuy/dbs)

Komentar

Realita Terbaru