oleh

Minat Menjadi Komcad, Catat Waktu dan Syarat Pendaftarannya

JAKARTA, realitapublik.com,— Pendaftaran Calon anggota Komponen Cadangan (Komcad) akan segera dibuka oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Pendaftaran fisik anggota komponen cadangan dilaksanakan pada tanggal 2-7 Juni 2021. Informasi ini didapatkan dari situs Kemenhan, Rabu (26/05/2021).

Bagi yang berminat untuk menjadi Komcad, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Syarat itu antara lain, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kemudian, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri.

Baca Juga  Tinjau Longsor di Bogor, Pangdam III Siliwangi Serahkan Bantuan Bagi Warga Terdampak

Selanjutnya, setelah dinyatakan memenuhi persyaratan calon anggota akan mengikuti rangkaian lain, misalnya seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Daftarkan email Bagi mereka yang dinyatakan lulus, nantinya akan menjalani pelatihan dasar.

Nantinya selama menjalani latihan dasar, setiap calon anggota komcad akan memperoleh uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, rawatan kesehatan, serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Baca Juga  Yonarhanud 14/PWY Ciptakan Signal Komando Alarm Steeling

Adapun pelaksanaan seleksi penerimaan sendiri akan dimulai pada minggu pertama, kedua, dan ketiga pada Juni 2021. Setelah peserta dinyatakan lolos, mereka nantinya mulai menjalani pendidikan dasar kemiliteran pada pekan keempat di bulan yang sama selama tiga bulan ke depan, tepatnya September 2021.

Dalam perekrutan ini, pemerintah menunjuk empat markas komando daerah militer (kodam) sebagai lokasi pendaftaran, yakni Kodam Jaya/Jayakarta (Jakarta), Kodam II/Siliwangi (Bandung), Kodam IV/Diponegoro (Semarang), dan Kodam V/Brawijaya (Surabaya). Pemerintah juga menyediakan metode pendaftaran melalui aplikasi KomcadApp dan lewat whatsapp dengan nomor 08990170845.

Baca Juga  Silaturahmi JBN Ke Kodiklatad, Kapen Paparkan Program Kegiatan

Berminat untuk bergabung menjadi Komponen Cadangan, bisa mengunduh dokumen daftar riwayat hidup dan surat lamaran di komcad.kemhan.go.id. Dalam perekrutan tahap pertama ini, pemerintah baru membuka komcad untuk matra darat dengan kuota sekitar 2.500 peserta.

Komentar

Realita Terbaru