oleh

Satgas Sektor 21-6 Citepus Terus Berupaya Kembalikan Kelestarian DAS Citarum

RajaBackLink.com

BANDUNG, realitapublik.com,— Satgas Citarum Sektor 21 terus melakukan upaya mengembalikan kelestarian ekosistem DAS Citarum. 18 Subsektor yang tersebar di tiga (3) wilayah Kabupaten Kota (Cimahi, Kab Bandung dan Sumedang) secara rutin melaksanakan pembersihan dan pengawasan pencemaran sungai.

Satgas Citarum Sektor 21 mencakup 18 Subsektor yang ada di wilayah masing-masing secara rutin melaksanakan renaksi harian, mulai dari karya bakti pembersihan sungai, patroli sungai hingga sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat bantaran sungai.

Tiap Subsektor di bawah komando Satgas Sektor 21 masih tetap konsisten menjalankan instruksi sesuai Perpres No 15 Tahun 2018, pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum. Salahsatunya satgas Subsektor 6 Citepus.

Baca Juga  Karya Bakti Sungai Satgas Sektor 21-10 di Desa Nanjung

Meski terbilang memiliki tanggung jawab aliran sungai yang begitu panjang, sekitar 4-5 Kilometer. Namun bukan berarti potensi pencemaran tidak terjadi. Pasalnya di wilayah Subsektor 6 merupakan terusan sungai Citepus yang berhulu di Kota Bandung dan hilirnya bermuara di sungai Citarum besar.

Sebelum satgas citarum hadir di wilayah ini yang mencakup desa Cangkuang wetan dan Kelurahan Pasawahan (Kabupaten Bandung). Warga yang tinggal di bantaran kedua desa tersebut sering dilanda luapan banjir ketika hujan deras.

Namun, berkat pengawasan dan pemeliharaan yang dilakukan satgas sektor 21, sampai saat ini berangsur tidak terjadi lagi banjir. Salahsatu upaya yang menjadi faktor tak lagi banjir adalah program pengamgkatan sedimentasi sungai yang dilakukan sejak awal tahun 2019 hingga 2020.

Baca Juga  Satgas Sektor 21-12 Karya Bakti Anak Sungai Ciwidey Desa Bunigara

Selain banjir, wilayah ini kerap menjadi lautan sampah manakala hujan besar melanda di kota Bandung dan sekitarnya. Alhasil, sampah yang dibawa arus dari kota Bandung menumpuk di perbatasan atau bibir muara sungai citarum.

Berbagai upaya telah dilakukan satgas. Mulai dari pengawasan dari hulu sungai hingga melakukan pembersihan aliran dan bantaran sungai setiap hari oleh satgas dan tim pelopor kebersihan dari unsur masyarakat.

“Untuk hari ini, kami melaksanakan pembersihan di aliran dan bantaran sungai sepanjang 25 meter,” ujar Sertu Mustofa, Senin (03/05/2021).

“Lokasi pembersihan dilakukan di wilayah kampunh Bobojong RT 02 RW 07, Kel.urahan Pasawahan Kecamatan Dayeuhkolot
Kabupaten Bandung,” rinci Sertu Mustofa.

Baca Juga  Karya Bakti Sungai Satgas Sektor 21-10 di Desa Nanjung

Seusai melaksanakan karya bakti sungai, lanjut Sertu Mustofa, satgas melakukan pembakaran sampah di tempat pembakaran sampah sementara yang ada di lingkungan sekitar. Hal ini sebagai upaya agar warga tidak membuang sampah ke sungai.

Pihaknya juga menyampaikan kepada masyarakat melalui komunikasi dan sosialisasi dengan masyarakat.

“Mengajak supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai,” harapnya.

Selain itu, kata Sertu Mustofa, mengajak warga untuk menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai, pungkasnya. (Cuy)

Komentar

Realita Terbaru