oleh

Upaya Satgas Sektor 21-6 Jaga Sungai Citepus Dari Pencemaran Sampah

BANDUNG, realitapublik.com,— Bersama warga pelopor kebersihan di kelurahan Pasawahan, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 6 melaksanakan giat pembersihan bantaran dan aliran sungai Citepus di kampung Bojong Suren RT 02 RW 06, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Rabu (19/05/2021).

“Kegiatan karya bakti sungai kali ini dengan target pembersihan sepanjang 25 meter aliran sungai,” ujar Sertu Mustofa, Satgas Sektor 21-6 Citepus.

Baca Juga  Karya Bakti Sungai Satgas Sektor 21-10 di Desa Nanjung

Pembersihan aliran dan bantaran sungai sekaligus mengumpulkan sampah permukaan yang masih mencemari sungai. Serta merapihkan bantaran dari tumbuhan liar yang tumbuh di dinding penahan sisi sungai.

“Limbah sampah plastik yang mencemari sungai dikumpulkan untuk selanjutnya dilakukan pembakaran,” kata Sertu Mustofa.

Satgas Sektor 21-6 Citepus juga mengajak warga masyarakat mempelopori kegiatan memungut sampah plastik dan mengambil sampah yang ada di pinggir sungai untuk dikumpulkan di bak sampah yang ada lalu di bakar, jelas Sertu Mustofa.

Baca Juga  Karya Bakti Sungai Cikeruh di Desa Cileunyi Kulon

Sebelum satgas kembali ke posko, lanjut Sertu Mustofa, dirinya beserta anggota satgas lainnya melakukan kegiatan komsos menemui warga sekitar bantaran untuk menyampaikan tentang pentingnya perlikau hidup bersih dan sehat (PHBS).

Baca Juga  Menjaga dan Melestarikan Kebersihan Lingkungan Dibutuhkan Konsistensi

“Kami terus mengajak warga untuk ikut berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai. Serta menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai,” pungkasnya. (Cuy)

Komentar

Realita Terbaru