oleh

Upaya Satgas Sektor 21 Mencegah dan Mengawasi Potensi Pencemaran DAS Citarum di Wilayah Kota Cimahi

BANDUNG, realitapublik.com,— Mengantisipasi terjadinya pencemaran lingkungan DAS Citarum di wilayah Kota Cimahi, jajaran Satgas Citarum Sektor 21 yakni Subsektor 13 dan 14 terus bekerja dan fokus mengawasi kondisi aliran beberapa sungai di Kecamatan Cimahi utara dan selatan.

Potensi terjadinya pencemaran yang diantisipasi satgas diantaranya, pencemaran limbah industri dan limbah rumah tangga (sampah). Antisipasi yang dilakukan satgas berupa karya bakti sungai dan patroli sungai.

Untuk mencegah dan mengawasi agar tidak terjadi pencemaran limbah cair industri, Pada Jumat (09/07/02021), jajaran Satgas Sektor 21 Subs 13 melaksanakan patroli di sejumlah sungai di wilayah Cimahi selatan.

Baca Juga  Giat Karya Bakti Sungai Citepus di Desa Cangkuang Wetan

Dalam kegiatan patroli tersebut, satgas menyebutkan bahwa telah menemukan adanya potensi pencemaran limbah industri, tepatnya di aliran sungai Cibaligo, Kelurahan Cibeureum, Cimahi selatan.

“Sekira pukul 13.30 (WIB), dalam pelaksanaan patroli sungai Cibaligo depan (PT) mulia lestari kami temukan di aliran sungai air berbusa dan berwarna kuning kecoklatan,” terang Serka Zaenal Zaenudin, Satgas Sektor 21-13.

“Setelah anggota subsektor 13 cimsel (Cimahi selatan) menelusuri sungai bahwa air berbusa tidak kami dapati atau bukan keluar dari PT Mulia Lestari. Karena air yang keluar dari saluran pabrik tekstil tersebut jernih dan tidak berbusa,” tambahnya.

Baca Juga  Kasdam III Siliwangi Tinjau Kegiatan Satgas Citarum Sektor 11 di Muara Kajar Kajar

Namun satgas tetap melanjutkan patroli, sementara ini belum dapat memastikan dari mana air berbusa dan sumber air berwarna kuning kecoklatan tersebut, jelas Serka Zaenudin.

Sementara di hari yang sama, di wilayah Subsektor 14 Cimahi utara, Satgas terus berupaya melakukan pencegahan dan penanggulangan sampah atau limbah rumah tangga di aliran sungai dengan cara karya bakti dan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah bantaran sungai.

“Hari ini kami satgas subsektor 14 melaksanakan kegiatan pembersihan sungai dengan radius 60 meter di aliran dan bantaran Sungai Cimahi. Tepatnya di kampung Awi Gombong RT 02 RW 01 Kelurahan Citeurep Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi,” terang Serma Frsiky, Satgas Sektor 21-14.

Baca Juga  Dansektor 21 : Jaga Alam, Alam pun jaga Kita

Setelah melaksanakan karya bakti pembersihan sungai, kata Serma Frsiky, satgas Subsektor 14 melakukan komsos kepada masyarakat.

“Menyampaikan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan sungai dari sampah agar tidak terjadi banjir di saat hujan yang dir akibatkan sampah yang di buang sembarangan ke sungai,” pungkasnya. (Cuy)

Komentar

Realita Terbaru